Custom Search

Kamis, 19 - 06 -2008


Tips mogok.( jeep Jimny kotrik / jangkrik )
Artikel ini akan selalu di update dari waktu ke waktu seiring dengan banyaknya solusi yang diselesaikan mungkin dapat membantu perjalanan anda tetapi sedapat mungkin bila memakai mobil berusia anda juga minimal harus mulai belajar mesin meskipun hanya sedikit sehingga bila terjadi macet mesin ataupun mogok di luar area jam bengkel atau area yang jauh dari bengkel minimal anda dapat menyelesaikannya.
Pada dasarnya mobil berbahan bakar bensin adalah pengapian dan lancar tidaknya aliran bensin ke kalburator, jadi hal ini yang harus dilakukan pengecekan yang pertama.
1.Bila mobil di star kontak tidak menyala maka coba anda dengarkan apakah dinamo starternya bekerja karena bila bunyinya hanya tek, tek, tek bila ini terjadi maka aki tidak mempunyai daya untuk mendorong dynamo starter untuk berputar.
Solusinya : satu – satunya cara adalah mengisi baterai aki pada indikator mobil anda akan terlihat apakah lampu merahnya menyala atau tidak kalau tidak maka memang akinya tekor, bila aki anda keluaran yang baru maka akan ada indicator pengecekan data biasanya hijau adalah full atau ok, hijau merah warning kurang daya, merah adalah less kurang daya.
Bila anda di daerah yang ada bengkelnya anda dapat melakukan isi ulang aki yang memerlukan kurang lebih 2 jam bila bengkel mempunyai daya dynamo isi aki yang besar.
Bila anda berada pada daerah yang tidak berpopulasi bengkel yang kampiun coba dorong saja mobil ini cukup ringan dengan 2 orang bisa dipastikan nyala, masukkan dulu gigi 2 dan tunggu kecepatannya lumayan lepas kopling perlahan dan mesin akan nyala.

PENTING : Intinya aki harus selalu terisi aki yang kurang daya memiliki pengertian bahwa daya yang masuk lebih kecil daripada daya yang keluar, hal ini harus anda selesaikan keesokkan harinya cek saja apakah aki masih normal, kabel daya tidak short ke body, cek pula pengeluaran yang mungkin kebesaran ( biasanya lampu badai, dll ) cek pula apakah dynamo melakukan pengisian daya ke aki dengan benar untuk charge paling tidak harus masuk 13 volt atau lebih dalam keadaan stasioner.

2. Jum'at 20 - 6 - 2008 Ada baiknya anda menyediakan kabel listrik kurang lebih 1.5 meter tujuannya anda dapat membypass listrik dari aki muatan + dengan muatan + yang berasal dari koil ( kumparan ) yang berada sebelum platina, gunanya membypass tegangan tinggi langsung ke arah dynamo, bila hal ini sudah dilakukan coba di start. Ada baiknya hal ini anda tanyakan ke bengkel langganan anda bila anda lagi senggang karena kadang kalau emergensi hal ini lebih sulit dilakukan

3. Selasa 24 - 6 - 2008 Bila mendapati platina yang patah kejadian ini amat jarang ditemui kemungkinan yang paling dapat diterima adalah arus yang masuk dari koil masuk terlalu besar sehingga ada yang kalah dalam spare part yang biasanya patah platinanya, solusinya ganti dulu koilnya baru ganti platina perhatian ganti platina aja tidak menyelesaikan masalah karena arus yang masuk tetap besar jadi bisa juga memberi hambatan arus atau tahanan dari koil sebelum ke platina.

4. Rabu 2 - 7 - 2008 Sistem pompa dengan membran sistem siluman ini amat rentan dikarenakan sistem ini tidak bisa diprediksikan kapan akan sobek atau masih sehat satu - satunya jalan adalah mengganti sistem membran ini dengan pompa elektrik ( memang jadi tidak original ) tetapi hal ini amat membantu anda dalam start pertama, karena sistem pompa elektrik akan memompa bensin langsung pada saat aki dikontak kunci ( asal aki tetap ada daya ), bila akinya sendiri drop maka sistem pompa ini akan menjadi boomerang bagi jimny anda, harga pasarannya kisaran 300 - 800 ribu tergantung merek.

5. Kamis 3 - 7 - 2008 Lain pula sistem siluman yang lain yaitu sistem listrik dengan platina sistem ini meskipun bandel daya tahannya kadang turun seiring dengan pemakaian dan usia dan unuknya lagi meski anda punya platina cadangan anda belum tentu bisa melakukan pemasangan yang memerlukan seting dengan tingkat kesulitan yang lumayan maka solusinya adalah mengganti dengan sistem pengapian CDI yang mempunyai performa yang lebih handal harga pasarannya kisaran 1 - 2 juta tergantung dari merek yang diambil.

No comments:

JEEP 80

jeep 80

Hobi

Jeep, handphone, camera, semua tentang hobi

Blog Archive

top profile

surabaya, east jawa, Indonesia
kepada semua saja salam kenal di blog ini dapat anda lihat mengenai jeep, foto, dan semua yang disukai tentang hobi