Custom Search

Senin 16 juni 2008 jimny & taft


Ban besar
Dalam perjalanan yang utama adalah roda pada jimny kotrik/ jangkrik memang akan lebih gagah bila dibalut dengan roda ukuran besar dengan ukuran standart 15 tetapi kelemahan ban roda besar adalah bila memaksakan memakai ban dengan grip yang berukuran besar akan mempengaruhi jalannya keseimbangan mobil karena ban ukuran besar pilih aja yang mempunyai kembangan yang rata dan hindari kembangan besar atau kembangan untuk off road kecuali kalau memang dibutuhkan untuk itu, kembangan yang berukuran besar sangat sulit untuk dibalansing karena itu bila memang hanya untuk area kota saja bila memang memakai ban besar pakailah grip yang rata saja.
Waspadalah !!!
Dalam kenyataannya spare part yang paling sulit dicari untuk Suzuki jimny tahun 80 ini adalah as roda ban belakang yang penulis sudah mencari kesana kemari ke area Surabaya dan sekitarnya baru 4 bulan dapat spare part tersebut didapat.
Solusi Spare Part.
Dapat pula anda mengakali spare part dari Suzuki katana yang dipotong terlebih dahulu kemudian di drat ulang ( bubut ), tetapi kemungkinan performa as tersebut tidak sampai 90% dari kekuatan dari yang original.
Kalau spare part yang lain dijamin ada deh di seluruh Indonesia karena Suzuki terus diproduksi dan spare part mesinnya kurang lebih sama jadi tetap bisa dipakai tuh mobil saya perkirakan 20 tahun lagi masih bisa jalan.
Kilometer.
Mobil berbahan bakar bensin ini mampu melaju dengan kecepatan top 90 – 120 Km/ jam tergantung kondisi mesin mobil anda bila membawa penumpang penuh depan 2, belakang 4 dijamin mobil anda keberatan beban dan kemungkinan tak bisa lari maksimal, mobil ini bisa dikatakan lumayan irit dengan perincian kisaran adalah 1:13 ( 1Km / 13 kilometer ).
Pedoman pembelian.
Bila anda sudah cinta banget ma nich mobil maka yang hal yang harus di cek adalah casis, keutuhan dari body juga amat penting keropos dan karat itu sudah pasti ada terutama bagian bawah dikarenakan usia mobil yang masuk kepala 30, tinggal hubungi aja las dodok/ duco langganan anda, usahakan cari mobil yang belum mengalami modifikasi extreme pada body maupun mesin jadi paling tidak masih standart
Harga Pasaran.
Harga yang beredar di Koran Surabaya saat ini antara 7 – 13juta masih melihat dari kondisi mobil tetapi kenyataan yang ada mobil Suzuki ini sudah lumayan sulit dicari tapi paling tidak 2 minggu sekali ada yang jual di media saat ini mobil ini mulai jadi seperti barang hobi yang jatuhnya di pasaran kadang juga ada yang jual sampai 26juta.

Taft 80
Diusung dengan mesin diesel yang mempunyai kapasitas extra 2500cc membuat jeep dengan kapasitas penumpang 4 orang sangat efisien dan murah, taft ini sanggup berlari dan menanjak dengan beban yang maximal dan cost solar yang minimal yaitu bila mesin normal 1:14 ( 1 liter solar 14 Km ), dengan kapasitasnya yang wah ( besar ) dan interior luas membuat banyak mobil ini masih dipergunakan sebagai sarana transport sehari – hari.
Beberapa bulan belakangan ini para taft ( kotak ) mania harus mulai cemas dikarenakan ada permintaan besar dari perkebunan kelapa sawit yang membutuhkan mobil tenaga monster yang kuat dan murah di lapangan dengan perbandingan harga Nisan terano 4x4 1 biji bisa didapat 10 biji taft dengan harga pasar Surabaya yang hanya 14 – 20 juta, beberapa bengkel langganan penulis juta dititippi pesanan taft dalam jumlah yang lumayan ( bila ada yang jual ) dan ada juga yang menyaksikan pelayaran kapal ke Sumatra ( feri ) yang mengangkut puluhan mobil jenis ini.
Informasi menyebutkan mobil ini nantinya akan dipotong menjadi bak terbuka atau open kabin dan diberi gandengan sebagai sarana memuat hasil bumi kelapa sawit, jadi suatu saat mobil ini bakal banyak di Sumatra dan bakal langka di Jawa.
Taft kotak ini sangat handal dengan performa 4x4 yang dicopot saja atau 4x2 sudah mampu melahap medan ringan dan menengah seperti persawahan, jalan macadam dll.
Spare part.
Suku cadang mobil ini sangat banyak di pasaran dikarenakan sesudah generasi taft kotak ini penerusnya taft GT sangat laku pula di pasar sehingga suku cadang masih banyak dan lumayan murah.
Solusi Spare Part.
Penulis pernah mempunyai masalah dengan dynamo asli bawaan taft yang kurang perkasa untuk menyalakan beberapa piranti lampu badai dan AC ( air conditioner ) sehingga selalu kehabisan daya aki ( tekor daya ) dan berimbas pada sulitnya menyalakan mobil dapat diakali dengan mengganti milik isuzu panther dan masalah lewat.
Trouble.
Masalah yang klasik yang paling sering dihadapi adalah masuk angin penyebab utama sistem kompresi yang tidak bekerja dikarenakan masalah bahan bakar diesel yang kurang dari standart sehingga diesel masuk ke ruang bakar jadi terlambat, solusinya agak rumit karena system pompanya berada pada posisi yang kurang nyaman ditekan yaitu pada kiri mesin bawah cara membukanya adalah ditekan dan diputar bila system pompanya langsung naik dan dipompa tidak berat maka bisa dipastikan ada gejala masuk angin, paling gampang menghindarinya adalah selalu isi solar tepat waktu dengan diusahakan selalu ada setengah dari tangki bahan baker.
Pada mesin diesel yang baru sekarang sudah mengusung system pompa yang elektrik sehingga bila hal ini terjadi asal aki masih punya daya beres dah.

4 comments:

fadillah dalimunthe said...

Nice info bro....
mau tanya nih gw pny taft gt tahun 85 tapi untuk matikan mesin sekarang harus ditarik pakai tali karna dinamonya dah rusak. kira2 bisa gak di ganti dengan dinamo isuzu panther?
mohon jawabannya di kirim ke imel gw aja ya bro...
fadillah.dalimunthe@gmail.com

Super gondes said...
This comment has been removed by the author.
Super gondes said...

aku ervan,ank jogja tp skrng krj d surabaya.
mau tanya.bpak ku dpt kotrik 80' dpt dr tmen.kmarin pas pulang jogja aku sempet nyobain,n hasilnya bsa dkatakan g beres.rem narik k kanan pas q injek.kopling g bs smoot.steer kocak dilink2nya.& pas aq masuk ke kolong.oli mesin netes dr gasket carter.propeler depan udah dicopot jd g bs 4WD lg & yg blakang cross joint nya kocak.tp aq ska tongkronganya.mhon bantuanya dmna aku bs dptin spare part nya & mhon jg taksiran hrganya
matur thankyu
(ervanyoga@gmail.com)

bennyjeep said...

-ok bos kalo rem narik tuh kemungkinannya adalah kaki kampas ato karet kampas rem sebelah kanan udah mulai abis jadi kalo direm narik sebelah karena remnya ga imbang kiri rem duluan baru kanan narik solusinya ganti karet rem cek aja di bengkel terdekat harganya 90 ribu 1 roda jadi 4 roda kira2 ya 500rb lah ma ongkos kalo mo irit di cek aja ganti yg udah habis jadi ga terlalu mahal

-kalo kopling kotrik tuh masih mengadopsi kabel jadi cek kabel kopling perlu diganti ga solusi cerdas lagi ganti kopling kabel dengan pegangan besinya suzuki cerry yang di las dikit murah paling 100rb plus pasang.

-spare part ombyokan mas di mana2 ada tiap bengkel pasti punya selama ada bemo merek suzuki aman sih ha ha ha kalo kesulitan telp aja 081330744455

JEEP 80

jeep 80

Hobi

Jeep, handphone, camera, semua tentang hobi

Blog Archive

top profile

surabaya, east jawa, Indonesia
kepada semua saja salam kenal di blog ini dapat anda lihat mengenai jeep, foto, dan semua yang disukai tentang hobi